Pages

Sabtu, 13 Desember 2014

Masih Muda? Jarang Tidur? Ngapain?

Halo! Kali ini aku akan berbagi tentang manajemen waktu. Hal ini terinspirasi oleh beberapa temanku yang sering bergadang untuk mengerjakan kewajibannya. Beberapa kasus diantaranya : 

1. Temanku sakit, setelah ke poliklinik kampus, dokter mengatakan kebiasaannya bergadanglah yang membuat daya tubuhnya menurun, sehingga sakit dan disarankan untuk lebih pintar membagi waktu, jangan sampai tubuhnya yang dikorbankan.
2. Temanku yang lain bahkan sering marapel tidurnya karena dia jarang tidur, jarang tidur karena tugas organisasi, tugas kuliah, rapat organisasi pun bisa sampai jam 3 pagi, gila yaa

Perlu diketahui bahwa memiliki banyak waktu bukan berarti kita akan lebih produktif, justru sebaliknya karena kita berpikir masih memiliki banyak waktu malah akhirnya menjadi santai dan menghabiskan waktu sia-sia. Berikut beberapa saran buat kalian (Kadang aku lakukan) yang masih suka ngambil jatah tubuhmu untuk istirahat istirahat :

1. Buatlah to-do-list
   Catat hal-hal apa saja yang menajadi tanggung jawabmu, jangan mengandalkan memori otak, terkadang kita suka lupa, maka lebih baik dicatat, bawa catatan itu kemanapun kalian pergi.
2. Rencanakan waktu
   Setelah kalian mencatat hal-hal yang akan kalian kerjakan, berikan prioritas pada tugas tersebut berdasarkan tenggat waktunya. Siapkan 2-3 jam dalam sehari untuk fokus mengerjakan beberapa tugas tersebut, lupakan hal-hal yang lainnya terlebih dahulu. Setelah itu istirahatlah.
3. Hentikan Multi-tasking
   Berhetilah untuk mengerjakan berbagai tugas dalam waktu yang bersamaan. Mengerjakan banyak tugas bukan berarti akan menyelesaikan banyak tugas lebih cepat, justru bisa menghabiskan waktu lebih lama karena akan membuat kalian tidak fokus. Lebih baik fokus menyelesaikan satu hal dengan secepat mungkin.
4. Hargai waktu
   Jika kita tidak menganggap waktu itu adalah hal yang berharga, maka kita akan menyepelekan setiap waktu yang kita miliki. Coba deh buat tarif waktu kalian per jam 5 juta rupiah, nah kalau kalian sia-siakan waktu kalian maka berapa banyak kerugian yang kalian habiskan.

Dengan begitu kalian pasti bisa dong seharusnya menyempatkan diri untuk tidur minimal 8 jam per hari. Memang dampaknya bukan sekarang atau besok atau lusa, tapi nanti saat usia kalian mulai memasuki 40 tahun. Investasikan tubuh kalian dengan istirahat.

0 komentar:

Poskan Komentar