Pages

Sabtu, 13 Desember 2014

Masih Muda? Jarang Tidur? Ngapain?

Halo! Kali ini aku akan berbagi tentang manajemen waktu. Hal ini terinspirasi oleh beberapa temanku yang sering bergadang untuk mengerjakan kewajibannya. Beberapa kasus diantaranya : 

1. Temanku sakit, setelah ke poliklinik kampus, dokter mengatakan kebiasaannya bergadanglah yang membuat daya tubuhnya menurun, sehingga sakit dan disarankan untuk lebih pintar membagi waktu, jangan sampai tubuhnya yang dikorbankan.
2. Temanku yang lain bahkan sering marapel tidurnya karena dia jarang tidur, jarang tidur karena tugas organisasi, tugas kuliah, rapat organisasi pun bisa sampai jam 3 pagi, gila yaa

Perlu diketahui bahwa memiliki banyak waktu bukan berarti kita akan lebih produktif, justru sebaliknya karena kita berpikir masih memiliki banyak waktu malah akhirnya menjadi santai dan menghabiskan waktu sia-sia. Berikut beberapa saran buat kalian (Kadang aku lakukan) yang masih suka ngambil jatah tubuhmu untuk istirahat istirahat :

1. Buatlah to-do-list
   Catat hal-hal apa saja yang menajadi tanggung jawabmu, jangan mengandalkan memori otak, terkadang kita suka lupa, maka lebih baik dicatat, bawa catatan itu kemanapun kalian pergi.
2. Rencanakan waktu
   Setelah kalian mencatat hal-hal yang akan kalian kerjakan, berikan prioritas pada tugas tersebut berdasarkan tenggat waktunya. Siapkan 2-3 jam dalam sehari untuk fokus mengerjakan beberapa tugas tersebut, lupakan hal-hal yang lainnya terlebih dahulu. Setelah itu istirahatlah.
3. Hentikan Multi-tasking
   Berhetilah untuk mengerjakan berbagai tugas dalam waktu yang bersamaan. Mengerjakan banyak tugas bukan berarti akan menyelesaikan banyak tugas lebih cepat, justru bisa menghabiskan waktu lebih lama karena akan membuat kalian tidak fokus. Lebih baik fokus menyelesaikan satu hal dengan secepat mungkin.
4. Hargai waktu
   Jika kita tidak menganggap waktu itu adalah hal yang berharga, maka kita akan menyepelekan setiap waktu yang kita miliki. Coba deh buat tarif waktu kalian per jam 5 juta rupiah, nah kalau kalian sia-siakan waktu kalian maka berapa banyak kerugian yang kalian habiskan.

Dengan begitu kalian pasti bisa dong seharusnya menyempatkan diri untuk tidur minimal 8 jam per hari. Memang dampaknya bukan sekarang atau besok atau lusa, tapi nanti saat usia kalian mulai memasuki 40 tahun. Investasikan tubuh kalian dengan istirahat.

Susah Ya Buat Ngomong?!

Ngedumel di kamar, gara-gara kesal hal yang terjadi disekitar engga sesuai dengan harapanmu? Coba tanya diri sendiri dulu deh, kamu sudah melakukan apa untuk hal tersebut? Sudahkah kamu mengatakan pada dirimu sendiri dan orang lain mengenai keinginanmu? Ide kreatifmu? Sudah belum~ hehe

Kebanyakan orang tidak berani mengungkapkan apa yang ingin mereka katakan, karena :
 1. Takut salah
 2. Malu
 3. Takut dianggap sepele
 4. Merasa masih junior
 5. Merasa dirinya engga sopan jika mencela
 6. Merasa jika dirinya bicara tidak akan ada yang mendukung
 7. Merasa dirinya rendah

Hal-hal yang seperti itulah yang membatasi kita untuk mengemukakan pendapat. Namun, memang ada beberapa hal lain yang membuat seseorang itu sulit untuk berpendapat, misal sifatnya yang intovert. Karakter pendiam dari sifat introvert ini membutuhkan stimulasi agar mampu menyampaikan pendapatnya. Salah satunya dengan memberi pertanyaan terbuka pada saat rapat atau mini forum, "Menurut Anda yang memakai baju merah, bagaimana ide dari si A?, seseorang yang ditunjuk langsung biasanya akan menjawab berdasarkan alasan yang dimilikinya, hal ini dapat merangsang keberaniannya. Tapi, bagaimana kalian bisa ditunjuk oleh presenter? Ya, gimana.. wong kalian aja sulit bicara, mana ada pikiran ingin ditunjuk, pasti merunduk. Sama! Aku juga gitu!

Sulitnya seseorang berpendapat juga biasanya karena mereka sulit beradaptasi dengan lingkungan yang baru, namun secara berangsur pasti mereka bisa menyesuaikan dengan lingkungan barunya, lamanya seseorang mampu beradaptasi di lingkungan baru tergantung dari psikologis dirinya sendiri.
Nah, teman-teman jangan pernah takut ya untuk berpendapat, yakinlah bahwa tidak ada yang menyalahkan kalian, mungkin pendapat atau pertanyaan kalian yang sederhana dapat memicu orang lain untuk bertanya atau berpendapat juga. Aku juga nih berusaha, karena ini juga salah satu masalah dalam hidupku. hiks

Eksis dimana-mana, Keluargamu?

Sibuk sekolah, kuliah, organisasi, bahkan menjadi volunteer dimana-mana? Hahahaha bagus itu, hal positifnya kita jadi bisa menambah teman untuk memperluas jaringan yang kita punya. Tapi, tahukah kalian terkadang hal-hal tersebut tanpa terasa sudah mengikis waktu kita untuk keluarga. Memang semakin kita dewasa kita diharapkan dapat hidup mandiri oleh keluarga. Salah satu dukungan keluarga untuk menjadikan kita manusia yang siap menghadapi dunia "sesungguhnya" dengan izin mereka mengikuti berbagai kegiatan di luar kegiatan akademik.

Saat kalian pulang larut karena berbagai kegiatan tersebut, ketahuilah Ayah-Ibu kalian merasa sangat khawatir. Oleh sebab itu, mereka berusaha menguhubungi kalian dan bertanya "Sudah selesai belum, Nak? Kamu sekarang dimana? Pulang sama siapa?". Tanpa kita sadari, dengan tubuh kita yang lelah karena beraktifitas seharian kita menjawab pertanyaan mereka dengan emosi, dengan nada yang tinggi, haha falset kali atau tenor? ah sudahlah. Lalu, apakah mereka akan menjawab dengan emosi juga? Aku yakin sih, Tidak. Mereka berusaha memahamimu, kamu?

365 hari dalam satu tahun, ada sekitar 52 minggu yang artinya total sabtu-minggu milik kamu adalah 104 hari. Bisakah dalam sebulan minimal 4 hari utuh, kamu gunakan untuk keluargamu? Yakin deh, mereka-keluargamu kangen kehadiran kalian. Engga perlulah pergi ke suatu tempat buat bisa kumpul keluarga, bicara cerita apapun ke Ayah-Ibu atau Kakak-Adik kalian, cukup di rumah. Suasana rumah justru suasana yang paling hangat untuk sebuah keluarga mengumpulkan kenangan-kenangan. Jadi mohon, pikirkan keluargamu juga ditengah-tengah kesibukkanmu. Jangan lupa kasih tahu Ayah-Ibumu setiap kamu mau pergi, minta pendapat mereka terhadap keputusan yang kalian ambil. Libatkan mereka, karena mereka juga ingin melihat proses tahap demi tahap atas kesuksesan yang akan kita dapatkan di masa depan nanti.

Minggu, 12 Oktober 2014

Lari ke Warkop Bateng


Postingan terlambat nih, tapi aku masih mau menuliskannya karena ini pengalaman pertama kalinya aku merasakan makan bubur ketan hitam dan kacang hijau di sebuah warung kopi yag terkenal di kalangan mahasiswa Institut Pertanian Bogor, ya nama tempatnya Warkop Bateng atau kependekan dari Warung Kopi Babakan Tengah, karena lokasinya di daerah Bababkan Tengah, Dramaga.

Diawali dengan kumpul di GOR IPB pagi hari sekitar pukul 6 dengan klub kesehatan aku, hahaha kami melakukan hal rutin di waktu senggang yakni lari~ setelah lari sekian putaran kami melakukan jenis olahraga lain yaitu Sit-Up dan Plank

Setelah itu kami santai, ngobrol-ngobrol dulu sampai satu jam lah sebelum kita makan. Nah, jam setengah 8 kami berjalan mencari sarapan dan terpilihlah tempat Warkop Bateng ini. Diawali dengan aku yang mau banget makan bubur ketan hitam, yasudah mereka semua mau, KECUALI DARA. Si dara tetap kukuh mau makan 2 jam setelah olahraga, mengikuti saran dari kakak kelas kami saat itu, ya Kak Faishal yang mau disebutkan namanya, plus-plus nih kak aku kasih link akun pribadi kakak. hahaha 

Bukti pernah disini

Dara yang nurut saran Kak Faishal
Makan selesai, kami berpisah. Aku dan Hanna ke Perwira (Hanna kos di Perwira dan aku mau beli makanan di Kantin YS Perwira), Azka dan Ira balik kosan ke Bateng, Niha nemenin Dara beli buah ke Al-Amin ujung Babakan Raya.

Sabtu, 11 Oktober 2014

Daripada....Mending....

Kadang kita sebagai manusia suka melakukan hal-hal yang kurang berarti. Hal-hal tersebut tanpa kita sadari engga cuma bisa merugikan hidup kita tapi juga orang yang disekitar kita loh. Coba pikir sebelum kita mau melakukan sesuatu, dimulai dari hal yang kecil buatlah prioitas. Diharapkan dengan kalian membuat prioritas dari berbagai daftar pilihan kalian, kalian akan menjalani hidup yang super indah ini dengan tenang, nyaman, aman, dan terkendali bersama orang-orang yang pastinya kita cintai. Hahaha

1. Daripada : Pusing karena menanggung beban sendirian
    Mending : Berbagi kepada orang yang kalian percaya
    Karena percaya atau engga, orang-orang yang menanggung bebannya sendiri pasti bawaanya ribet gitu kemudian orang-orang yang disekelilingnya pun jadi ikut-ikutan bingung menghadapi orang ini. Jika berbagi dengan orang yang dipercaya engga bisa menyelesaikan masalah ya setidaknya kan beban jadi berkurang tuh juga buat mereka lebih paham dan mengerti kamu.

2. Daripada : Uang jajan dipakai buat hangout terus belanja tanpa batas barangnya juga entah berguna atau engga 
    Mending : Mulai beramal meskipun jumlahnya sedikit
    Jumlahnya sedikit? mending engga usahlah, Gal. | Nyusah-nyusahin badan amal aja. Nih ya, mungkin kalian bertanya "Jumlah sedikit gini buat apaaan?" Misal, 5000 rupiah kalian sisihkan per minggu, artinya per bulan kalian beramal 20.000 rupiah. Coba kalau kalian makan di rumah makan, mana cukup uang 20.000 rupiah? Tapi, perhatikan deh uang 20.000 rupiah itu bisa sangat berarti loh untuk orang yang benar-benar membutuhkan. Seandainya, ada 100 orang melakukan hal ini rutin, bisa terkumpul uang 2.000.000 rupiah per bulan dan itu bisa membantu satu keluarga untuk hidup dalam sebulan, anggaplah satu keluarga berjumlah 4 orang, Insya Allah cukup. Di dunia ini ada berapa milyar orang? Jika sebagian populasi bumi melakukan hal ini, saya yakin tidak ada orang fakir di dunia ini, mereka pasti bisa makan minum cukup untuk hidup. Tidak ada lagi bayi-bayi kelaparan maupun kekurangan gizi, tidak ada lagi lansia minta-minta uanng di pinggir jalan, tidak ada lagi penjualan manusia.

3. Daripada : Menghakimi personalitas seseorang
    Mending : Terima apa adanya saja
   Setiap individu pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing kok, namun sebagai orang yang selalu berpikiran positif kenapa kita engga melihat kelebihan orang lain kalau bisa malah memuji dia untuk itu. Tapi memujinya yang tulus, jangan sanjungan yang berlebihan sehingga orang yang dipuji jadi "gimana" gitu haha

4. Daripada : Sering main sana-sini tanpa urusan yang sangat amat jelas
    Mending : Berkumpul bersama keluarga di rumah
    Keluarga adalah sekelompok orang yang sangat mustahil meninggalkan kalian berjuang sendirian menjalani kerasnya hidup ini, haha Coba deh lebih dekati keluarga kalian dahulu, cipatakan waktu yang berkualitas bersama keluarga. Selain lebih menambah kesohiban kalian dengan keluarga, berkumpul dengan keluarga juga jauh lebih irit, apalagi bisa ngerasain masakan mami kalian, huuuuu beruntunglah wahai kalian yang maminya bisa masak, karena masakan mami memang sangaaattt tidak ada yang ngalahin, serius loh ini, pengalaman pribadi soalnya haha Nah, kalau kumpul keluarga gini aku yakin kok teman-teman kalian akan mengerti, jadi jangan takut teman kalian akan sebel sama kalian. 

5. Daripada : Buang energi untuk marah-marah
    Mending : Memaafkan dan lebih sabar
  Ada sesuatu hal yang harus ditangani dengan "ribet" ada juga yang cukup untuk dimengerti. Kalau masalahnya cuma karena teman ngebatalin janji atau pacar suka telat jemput sih engga worthed banget buat kamu berisiko kena serangan darah tinggi. Maklumkan saja, belajar memaafkan juga diperlukan untuk ketenangan diri kalian sendiri.

Masih banyak nih Daripada...Mending... yang bisa dibahas, namun sekian dulu aku berbaginya. Suatu saat mungkin akan ada Daripada..Mending... Part 2 hahaha kalau ingat sih. Selamat merenung! 

Kamis, 25 September 2014

LATE BIRTHDAY SURPRISE : SO UNIQUE

Well my beloved readers, thank you for reading my awesometastic life strory. This is still about my 21th birthday, 2 nights ago (Tuesday, 23 September 2014)  at 11 PM i was still busy with my laptop in my room, suddenly my friends (Rika Arnita, Anggy Eka Fitriana and Lina Mulyana) came to the downstairs, entered my room while singing "Happy Birthday" brought martabak manis with candles. They also brought 2 gifts for me, one gift's picture frame with aphorisms and the other gift's a book entitled "Mencari Jodoh Jangan Bodoh" by Brili  Agung Zaky Pradika

Picture Frame
The book i should read
Tribal bag from Nadia Azka
They a little bit disappointed on me, because actually my birthday surprise would be held on Wednesday, 24 September 2014 coincide with Nadia Azka (birthday in 7 September 2014) and Dewi Emillia Bahry (birthday in 19 September 2014) but for some reasons that my friends gave me a surprise first. 

Last night,  i was told by Anggy, Lina and Rika that Azka and Dewi would visit my rent-house, they want to cook for a little party with the intention of giving ME a birthday surprise, when in fact Anggy, Lina and Rika would also give them (Azka and Dewi) a birthday surprise too. What do you think,readers? sounds complicated huh!

Here's the day! To make it smoothly happen, i should go out from the house, so Rika asked me to accompany her to go out around Dramaga, we decided to go to the new Hypermart in Dramaga, Giant. The road was very very jammed last night, huh! very exhausted! Our path was finally ended by bought Martabak Telur Kubang in front of SD Dramaga 5. Yummy~

I came home around 8 PM, Ah iya! before i came Azka and Dewi was hidden by Anggy, Lina, and Rika in Rika's room (at upstairs) as if they wanna surprise me but actually they also surprised. Hahahaha

video

video

Both of the videos are nice, right? yeeaaa because we're Virgo girls and just awesome. wkwkwk

The gifts
Birthday Girls
Director of Scenario
Birthday Girls II
Being awesome together
Being awesome together II
Thank you for reading the series of my 21th Birthday events. Tralaaaaaa one thing i miss, blood donors~ i will try to donate my blood in this September. I hope i'll make it. :)

Senin, 22 September 2014

FIND THE BABY : HAPPY!


Still remember my birthday project to find another "galih"? Yaaa, today 22 September 2014 i went to RSIA Hermina Bogor to see the baby had come to the world yesterday (21 September 2014). Start my class today 7.30 AM finish 9.30 AM, i went to Babakan Raya bought Lumpia Basah, Alfamid* bought Ultr* Stawberry Milk 250ml, walking up to the in front of Super K*e, waiting for Angkot, back to my rent house~ shortcut to the story, i went to RSIA Hermina Bogor at 10.25 AM.

My letter to the baby

The Gift
When i got the RSIA Hermina Bogor, i went to the receptionist and expressed my intention to come. The receptionist leave me to ask the marketing manager in RSIA Hermina Bogor, Mbak Sofi, about my intention. THEY REALLY WELCOME!!! DAEBAK!!! I LIKE IT~

But.. i should wait about 30 minutes for the marketing manager to notify the director. The director gave me the permission. 11.15 AM my name was called "Mbak Gilang dari IPB yah?" by someone i thought she's a nurse. Damn!!! why Gilang?? ok, i said "Sorry, my name is Galih", and they sorry to me too. haha they said that the birth in 21 September 2014 amounted to 4 babies, unfortunately i just brought 1 gift, so the nurse leaded me to visit the mom of the baby first made a permission to take a picture of her baby. The baby girl doesn't have name yet, her mom said still discussed with her father.

The baby girl

Really cute
ALHAMDULILLAH!!! MY BIRTHDAY PROJECT TO FIND ANOTHER GALIH...CLEAR!!!

WHO ARE YOU?


Yesterday, 21 September 2014 was my 21st birthday. On that day i had two schedules, first's meeting with my mentors from Young On Top, Kak Sirly and Mas Taufan also my friends in team, actually we're 10 CAs in team but it was only 7 CAs who attended. My second schedule was visiting the hospital to see the baby who has the same birthday with me <= My Birthday Project

Well, those schedules would be my priceless birthday gift because by the discussion in mentoring, i could share "what's in my mind, what i want to do, what i believe i can do" with others and also i got so many lessons from this discussion, i could know my friends interested in, what they want to do, even their problem in life. I said that life is unique, no one lives just go smoothly and sometimes people needs a little bit stress to make them growth.

We discussed about How to Find Your Masterpiece? Have You Find Your Passion? Is That Hard For You to Find Your Passion?. This meeting settled us to ready for the next theme in Young On Top Monthly Meeting about Passion and Vision, so that's why we discussed this last evening.

Now, i'm going to share what i got then you can start to "think"

There are 4 problems in life :
1. You don't really know yourself
   Who are you in life? Do you know what personality is like? Do you know what you are really capable of? Have you always lived a life of "just making do?" Are you happy or feeling depressed and frustated for the missed opportunities? Who are you really?
2. There is no fulfilment in who you are and what you do
   Are you proud of your achievements or do you feel that your life has never really started? Are satisfied in what you have obtained in life? Or are you feeling restless, unfulfilled, and confused for what you are facing? Are you struggling with problem still?
3. There is no progress, no future in your life
   Do you know what your life goals are? Have you achieved any of them? Or are you still struggling to reach them? Do you keep hitting a blank wall or closed doors? Are you confident about tomorrow? And what about your dreams? Have you forgotten them or are you still focussing on them?
4. There is no purpose in your life
   What do you live for? Is it something that is here today and gone tomorrow or is it something that will last after you? Do you feel that your life is just like roller coaster or a merry-go-round? Are you making sense of what are you doing in life? Or do you live everyday as it comes? Is your life really worth living? Are you power-full or power-less?

Those are the problems that's always been the case, some people still feel "I run this much but still can't see the finish line" and maybe you feel it too.

These are some questions you have to answer. (the highlighted is my answer)
1. I am excited about my life and turned on by the things i get to do each day. (Yes/No) 
2. Others comment on how happy i am and what fun it is to be around me. (Yes/No) 
3. I get upset and thrown off the track when unexpected situations and circumtances arise. (Yes/No) 
4. I am very clear about the top five passions in my life, those things that matter most to me. (Yes/No
5. I make decisions based on what will help me live my passions most fully. (Yes/No)
6. I spend my days doing things i love, surrounded by people i love. (Yes/No) 
7. Life is confusing for me, i don't have a clear sense of direction in my life. (Yes/No) 

After you answer those questions, here it is The Golden Question :
1. What do you live for? (long-term goal)
2. Have you ever wondered. have you ever asked yourself why you are here on earth?
3. What are you living for? (Now, could be related to your long-term goal or not)
4. What are you hoping to achieve in life?
5. What is the reason of your existence?
6. Do you know where are you going? Or are you sailing just following the wind and where ever the wind blows your life goes with it too?
7. Is this what are you living for?

If you still don't know the answer, that's the process you have to find. How? From now every single thing you do, please FEEL IT, FEEL WHEN YOU DO THINGS. If you interested in, enjoy, just KEEP THAT.

I've answered those questions into what i want to be in my life. I'm now as a Management Student in Institut Pertanian Bogor, i just realized that i love biological things since i was in Hi-School but i don't really like kind of math, statistics, ah screw those things, but in fact, in reality we need that, we do that everyday haha

What i want to do is to combine the biological things with management, i found Occupational Health and Safety. Yah, i am gonna take magister in Occupational Health and Safety so with that knowledge i can be career woman in that part. How to get that? Do i know the track? Yes, but still need some "clue".

Because i want to take magister class in september 2015, so what i should do from now is focussing on my "skripsi", make a target February 2015 to graduate, and because i want to get the scholarship in this program, i should apply the scholarship in March 2015, while waiting the process of assessment i can take internship for 6 months. I should believe that what i'm saying now will be happen in my life. That's my expectation in me. How about you? Ask yourself!

What if the unexpected situations and circumtances arise and inhibit your expectation? Haaa, it's only the matter of time, as long as you still on the track, just go ahead!

Sabtu, 20 September 2014

D-1 BIRTHDAY PROJECT

Hari ini 20 September 2014 aku ada jadwal bulanan training dari beasiswaku di Pusgiwa, Universitas Indonesia. Aku berangkat dari Bogor pagi nih, jam 7 dengan niat sebelumnya top up kartu Flazz BCA untuk naik Commuter Line di Alfamart daerah Babakan Raya dekat kampus. 

Pelatihanku hari ini tentang Motivation dan Introduction of Business and Management tapi aku hanya datang di sesi Motivation saja, karena aku berniat mau ke RSIA Hermina Bogor untuk bertanya-tanya seputar rencanaku memberi hadiah untuk bayi yang lahir persis seperti hari lahirku.

Pukul 12.00 aku izin ke Ibu Mien, sekretaris Yayasan Goodwill International untuk meninggalkan sesi pelatihan selanjutnya, aku bercerita ke beliau tentang rencanaku ini, dia hanya menjawab "proyek kamu sendiri? ada-ada saja, kamu ikut dulu yah sebentar lagi saja setelah makan siang". Kalau Ibu Mien sudah bilang begitu ya sudah aku melanjutkan sesi kedua pelatihanku, saat Coffee Break aku baru cuss ke Bogor.

Saat di Commuter Line dari Pondok Cina menuju Bogor, waaaa penuh banget. Aku kebagian di gerbong yang untuk penumpang umum, aduh disana wanitanya cuma 3 orang saja termasuk aku, kedua wanita itu bersama teman laki-lakinya ya InsyaAllah Amanlah, hmm belum tentu juga sih. Lupakan. Nah, aku sendiri! Aku berdiri nih posisinnya, depanku orang keturunan arab gitu atau arab mungkin yah, ngobrol pakai Bahasa Arab, engga tahu deh mereka membicarakan apa, engga ngerti dan engga mau tahu juga. Hebat loh mereka bisa Bahasa Arab sebegitu lancarnya. 

Turun dari kereta aku naik angkot 02 menuju Bubulak yang selanjutnya aku naik angkot 32 untuk menuju RSIA Hermina Bogor. Selama aku diperjalanan angkot 02, ada mbak-mbak yang nangis-nangis minta uang ke aku dan ketiga penumpang lainnya. Lewat aja yah ceritanya, intinya dramatis sekali tadi di angkot.

Sesampainya di Bubulak, aku ke RSIA Hermina Bogor. Masuk ke Rumah Sakit berharap proyekku lancar. Datang ke resepsionis, bilang gini "Selamat Sore mbak, saya galih. Saya besok kan ulang tahun nih, terus saya mau kasih kado ke bayi yang lahir besok, kira-kira ada engga mbak jadwal bayi yang lahir besok?" si mbak resepsionisnya tersenyum manis dan mengambil catatan gitu deh, dia bilang "engga ada jadwal persalinan besok mbak, kalau persalinan kan biasanya mendadak, coba saja besok datang lagi kesini." Oke, agak pupus harapanku. Belanja beberapa kebutuhan hidup sebentar ke Giant Yasmin dengan berjalan kaki, kemudian pulang.

Aku ingat di Dramaga ada 2 Rumah Sakit, aku hampirilah keduanya. Pertama, RS MD, bungkam seribu bahasa, Intinya NO INFORMATION. Beralih yang kedua, RS yg dekat Dramaga Cantik, kayanya si resepsionis mengira aku penculik bayi. Nihillah hasilnya. Harapan satu-satunya ya RSIA Hermina Bogor itu.

Besok aku kan ada jadwal mentoring di Grand Indonesia jam 15.00, kemungkinan sampai Bogor jam 20.00 atau 21.00. Temanku Nadia Azka (minta disebut namanya) menyarankan aku tetap saja ke RSIA Hermina, kemungkinan bayi lahir besar karena sudah malam. Jika pagi malah kecil kemungkinannya.

Berhasil atau tidak salah satu proyekku ini Mencari "Galih" yang Lain tunggu ceritaku besok yah.

Jumat, 19 September 2014

HOW TO DO AN INTERVIEW ON SKYPE


Apakah kalian sedang mempersiapkan diri untuk wawancara pekerjaan atau pertukaran pelajar via Skype? Aku akan berbagi pengalamanku wawancara via Skype untuk menjawab semua pertanyaan kalian dan menghilangkan keraguan yang mungkin kalian miliki seputar wawancara. Aku akan berusaha menceritakan segala sesuatu yang perlu kalian ketahui berdasarkan pengalamanku - dari menghindari masalah teknis untuk mempersiapkannya sehingga kalian dapat memberikan yang terbaik selama wawancara.

DASAR
Hal-hal dasar yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan wawancara via Skype :
1. Timezone
                Jika kalian akan diwawancarai oleh orang yang berbeda daerah pembagian waktu, kalian harus memperhatikan waktu. Jangan sampai kalian melewatkan waktu jadwal wawancara hanya karena kalian tidak memahami perbedaan daerah waktu.
2.  Identitas
                Perhatikan Identity Skype kalian yah, jangan sampai muncul ID sexyboy321 sangat tidak profesional, ubah jadi lebih baik ya gunakan nama kalian, misal namaku Galih Tristianni, ID yang baik galihtristianni (that's not my real SKYPE ID if you want to know, contact me!) J
3. Webcam
                Perhatikan posisi webcamnya ya, jadi posisinya jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat dengan diri kamu, buat posisi yang sekiranya lawan kamu nyaman melihatnya.
4. Lokasi
                Sebelum kamu memulai kegiatan ini, perhatikan juga sekeliling tempat kamu akan melakukan video interview, jangan sampai ada barang yang berantakan atau ada asbak dengan putung rokok yang masih menyala. Hal-hal yang tidak sepantasnya ditunjukkan, janganlah sampai terlihat, dapat berpengaruh terhadap penilaian diri kamu loh.

TEKNIK
1. Sound check
                Biasanya di Skype itu ada tombol untuk kita test suara kita terdengar dengan jelas atau tidak oleh lawan. Gunakan ini untu mengetahui kualitas suara kamu jernih terdengar oleh lawan atau tidak, karena dalam menjawab pertanyaan lawan harus jelas, jika samar-samar akan menganggu kalian dan bisa jadi lawan kita hilang mood buat wawancara kita.
2. Call a Friend
                Agar lebih pasti, mengenai teknis dalam melakukan interview via Skype, alangkah lebih baik mencoba menghubungi teman kalian untuk melakukan tes sederhana.
3. Gunakan Headset
                Butuh dilakukan karena menurutku jika tanpa Headset suara yang keluar jadi pecah kurang jelas karena suaranya bercampur dengan suara yang ada di sekeliling kita. Sedangkan jika kita menggunakan Headset suara akan jelas tertuju langsung melalui telinga kita.
4. Presentasi
                Kamu harus tentukan posisi seperti apa yang baik untuk kamu wawancara, duduk atau berdiri. Perhatikan pakaian kalian juga, rapi dan sopan diperlukan sekali. Satu lagi, gambar profil kalian yang rapi juga, jangan senonok. Usahakan jangan gerogi, karena ini berpengaruh terhadap suara kalian yang keluar. Persiapkan mainimal satu jam sebelum kalian wawancara agar semua menjadi siap.

Oke, cukup sekian dulu yang bisa aku share ke kalian perihal wawancara via Skype. Semoga bermanfaat. J

MEMULAI HIDUP SEHAT : LARI


Sebulan ini aku selalu berniat menyempatkan waktu untuk olahraga. Dimulai dari berenang, karena aku tidak punya private swimming pool  jadi aku pergi ke sebuah kolam renang untuk umum, bayar sekian rupiah untuk berenang sesukanya. Kebetulan di tempat aku berenang itu, ada fasilitas gym-nya aku bertanya-tanya jika aku ikut program membershipnya berapa biaya yang harus aku keluarkan, ya ternyata lumayanlah rupiah yang harus aku keluarkan untuk itu.

Suatu hari banyak teman-temanku yang mengajakku mengikuti  acara lari atau lari saja sekedar untuk mengolah raga kita. Aku mulai berpikir untuk melakukan hal ini minimal satu minggu sekali, setiap hari sabtu pagi di GOR IPB, engga kalah sama GOR Bekasi kok hehe

Dimulai 13 September 2014 aku janjian dengan temanku untuk bertemu di GOR IPB pukul 6.00 namun ternyata itu sudah terlalu terang, dan aku hanya sanggup berlari 4 putaran dengan ngos-ngosan dan suka berhenti-henti kemudian jalan kaki. Semalam sebelumnya aku jarkom ke seluruh temanku seangkatan (jumlahnya 125 orang) untuk ikut aku lari (biar engga sepi-sepi amat gitu), tapi susah banget ngajak orang mau bangun pagi kemudian jalan ke kampus untuk berolahraga. Sesampainya di GOR, memang hanya aku berdua dengan temanku juga bertemu dengan kakak angkatan kami yang ternyata dia setiap hari lari.

Pertemuan selanjutnya aku dengan kakak angkatanku, dia mengajakku dan teman-teman lari bersama dia. Akhirnya 16 September 2014, kami janjian bertemu di GOR IPB jam 4 sore untuk lari. Saat itu, yang ikut ada 5 orang termasuk kakak angkatanku ini, dari sinilah aku pertama kalinya tahu tips lari yang buat aku engga capek, nih beberapa tips sederhananya :

1. Pemanasan
                Sebelum melakukan olahraga baiknya melakukan pemanasan tubuh, agar tubuh kita tidak merasa kaget. Urutannya dari kepala, tangan kemudian kaki, hal ini harus berurutan jangan berantakan.
2. Jalan kecil
                Setelah melakukan pemanasan, jangan langsung lari. Jalan kaki dulu sekiranya 50 meter kemudian lari dengan tempo secukupnya, jangan terlalu buru-buru, ingat! Ini bukan kompetisi.
3. Lari
                Saat kalian lari, kakak angkatanku mengatakan “jangan nunduk kepalanya!” nanti cepat capek katanya. Kepala menghadap ke depan dengan napas beraturan dari hidung, jika dari mulut katanya juga akan capek. Tips dari kakak angkatanku ini juga, tarik nafas 3 langkah, buang nafas 2 langkah. Haha jika kalian bingung, intinya tarik nafasnya sampai full kemudian buang nafasnya juga sampai full. Lari dengan konstan yah, coba jangan sampai berhenti sampai kalian benar-benar merasa cukup.
4. Jalan kecil
                Jika kalian sudah merasa tidak mampu melanjutkan larinya, jangan langsung berhenti terus duduk. Jalan kaki dulu satu putaran sekitar 400 meter, agar kaki kalian engga kaget.
5. Pendinginan
                Lakukan saja gerakan-gerakan yang melemaskan kaki dan tangan kalian seperti yang kalian lakukan saat kalian SD kan ada tuh senam SKJ, engga jauh-jauh kok pendinginannya kaya gitu.

Nah, untuk pemula aku lebih memilih lari sebagai alternatif olahraga yang murah dan sehat. Jika aku sedang dirumahku di Bekasi sih aku lebih suka naik sepeda keliling komplek rumahku sama komplek tetangga, kan jaraknya lumayan tuh, itu juga bisa jadi pilihan untuk kalian memulai hidup sehat. J

STOP STRESSING START LIVING


Setiap makhluk di dunia ini pasti pernah mengalami sebuah fase kehidupan─jenuh. Apa sih jenuh itu? Menurutku, jenuh adalah kondisi saat seseorang merasa lelah atas apa yang dilakukannya dan ingin segera melepas beban yang dipikulnya, tidak ada gairah untuk terus melanjutkan perjuangannya.

INI BAHAYA!!!

Seseorang yang mengalami kejenuhan hingga tingkat tertingginya, akan menyebabkan pikiran menjadi “ngambang” engga ke kanan engga ke kiri engga ke atas juga engga ke bawah, engga fokuslah intinya. Selalu merasa tenang, seperti tidak terjadi gejolak apapun lagi dalam hidupnya, mulai lebih senang dengan kesendiriannya daripada bersosialisasi lebih parahnya lagi menjadikan seseorang ini tidak memiliki obesesi, dia tidak tahu  apa yang dia inginkan dalam hidupnya dan tidak melakukan apapun. Dia hanya akan melakukan kegiatan-kegiatan yang dia anggap sebagai kewajibannya saja.

Sebelum tingkat jenuhmu semakin parah, alangkah baiknya sedikit mempelajari Management Stress engga perlu kuliah untuk bisa mengatur tingkat kejenuhan, cukup pahami dirimu baik-baik.
Apa yang menjadi hobimu? | Misal, melukis, travelling, menulis
Apa yang bisa membuatmu tertawa? | Misal, teman-teman, keluarga, tokoh komik
Apa yang bisa membuatmu relax? | Misal, beribadah, shopping, kopi, tidur, olahraga
Apa yang bisa membuatmu kenyang bahagia? | Misal, pizza, sushi, mie ayam, rujak, cireng

Apapun hal itu, kenali dirimu, pahami benar dirimu karena seseorang pernah mengatakan, I AM MY PROBLEM BUT ALSO MY SOLUTION jika aku tafsirkan ini mengandung arti bahwa segala sesuatu yang terjadi di dalam diri kita hanya kita yang bisa mengatasinya, orang lain hanyalah mampu memberi saran dari sudut pandangnya, toh jika ada yang memberi saran, kita tidak langsung semena-mena menerimanya, bukan? Kita pasti memikirkannya terlebih dahulu, menimbang baik-buruknya yang kemudian kita sesuaikan dengan “diri kita sesungguhnya”.

Hal yang paling sederhana namun inilah kunci kehidupan kita di dunia, kembali ke Sang Pemilik Hidup, kembali dalam artian berserah dan bersyukur. Terkadang kejenuhan merupakan gejala dimana kita kurang bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya. Jika kita senantiasa bersyukur, maka kita akan menyadari bahwa sesungguhnya kita termasuk orang yang beruntung dengan segala yang kita miliki kerena tidak semua orang bisa memiliki sebanyak apa yang kita punya.

Mari lanjutkan hidup kita, perjalanan kita masih panjang sepanjang harapan-harapan yang kalian ciptakan dalam hidup kalian.

Kamis, 31 Juli 2014

YOT : DRAFT TWITTER

Ok well, i'm going to share my first experince in tweeting something useful for everyone. I've never been doing these stuff before. Was that hard for you,Gal? | YES!  Yeah. i have an account twitter but my tweets are ONLY ABOUT ME with no thinking whether my tweets will have an impact on others. Here it goes~

I had an E-mail a couple days ago, that's MY FIRST CUMPOLSORY TASK :)
I should make a set of draft twitter for next month in @YoungOnTop account, the due date is today, 31 July 2014. The big theme of tweets in August is Independence Day of Indonesia. So, the first thing i did was looking for the topic to share with around 136.000 followers. little burden,huh? | Ya, how can't be a burden? it'll be seen hundreds thousands of people and if i'm wrong ............ *keep smiling*

Finally, after 3 days thinking, i decided "..........secret............" as my topic for next month. Hahaha so, i made 34 tweets for it. I have submitted my assignment to the Director Marcomm Young On Top which will then be given to the digital departement for further action. 

It really makes me have to think many times everytime i make a sentence. The essence that I received from this first task is Everytime we decide something that will affect the interests of the people, we have to think about it many times and make our position on that person.

Minggu, 27 Juli 2014

TEMAN "Bocah"

Setiap manusia di dunia pasti punya teman, teman yang tampak maupun tidak tampak (qorin). Selama ini yang kalian tahu (yang ada di blog) hanya teman-temanku yang aku kenal selama di bangku kuliah. Saat SMA aku punya beberapa teman kelompok bermain, bahasa kerennya "geng" wkwk

Kesibukan kami setelah lulus SMA berbeda-beda dong, jadi sulit sekali buat kami bisa bertemu kembali melengkapi hati-hati yang kosong ini. Hmm, oke lupakan.
Perkenalan dulu, kami adalah "geng" BOCAH. Yeah! (maaf, jika sebutannya agak alay). Kami terdiri dari 8 orang dengan 3 orang laki-laki dan 5 orang perempuan, haha silakan dinikmati ceritanya :)

Faiz Abdul Karim

Darayani Putri

Fakhry Ramadhany

Tiara Nurul Pratiwi

Hadiyanto Prayukti Alif

Laras Widyaningtiyas
Fathima Asyahidatu Zahra bersama Dara
Itulah beberapa temanku yang tampak di muka bumi ini, kami terbentuk pada tanggal 2 April 2010, saat HUT SMAN 2 Kota Bekasi, kami satu kelas saat kelas 10, kami punya slogan "Together we can make it true", slogan ini kami abadikan di sebuah lukisan tembok di sekolah (saat ini temboknya sudah hancur, plis geng, yang punya sisa foto SMA bagi dong!!!! Biar bisa pamer.)

Darayani Putri
Perempuan yang pertama aku sebut ini suka banget sama tantangan, gimana engga suka, Matematika aja di hajar di Universitas Indonesia, haha iya sudah tahu kan? Mahasiswi Universitas Indonesia jurusan Matematika ini lahir 24 Oktober 1993, dan biasa dipanggil Aya, sok imut emang, ngkutin aku aja huh. Jika kami bersama entah bagaimana ada saja ke-autisan yang muncul otomastis, seperti sudah disetting oleh Allah SWT kalau kami cucok bho~ haha nih yah, entah gimana aku tuh suka banget gayanya Dara kalau pacaran, dari satu laki-laki ke laki-laki lain gayanya sama nih, diem-kalem nah, demen deh nih kaya gini. Semoga sama Mas Fadhil ini yang terakhir ya Aya, buat acara khusus Bocah lah kalau nikah, salam buat Mas Fadhil.

Faiz Abdul Karim
Manusia lahiran 14 Maret 1994 ini sangat mencintai dunia seni dan kebebasan. Dia mengakui dirinya memiliki suara yang merdu, dia terbukti memiliki keahlian menggambar yang kalau diminta suruh komen, ampuuunnn engga tahan mau bilang KEREN, kalau buat komik nih, sampai mikir aku "Buset, gimana cara buatnya sih, AH" suka kesal sama kemampuan diriku yang engga bisa gambar, anakku harus bisa gambar kelak! Nak, kalau kamu baca tulisan mama yang ini, plis sadar diri buat mama bangga lihat karyamu. Lanjuuutt~ Saat ini dia sedang kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Tourism Management, sesuai dirinya yang suka dengan kebebasan, denga ambil jurusan ini sepertinya dia akan mendapatkan esensi kebebasan bagi dirinya. Sedikit menilai kehidupan bocah satu ini, sepertinya dia bosan dengan suasana islami di lingkungan keluarganya, dia lahir di keluarga yang bisa dibilang sangat religius, sampai pada suatu saat Faiz meminta ayahnya untuk memasukkan dia ke sekolah negeri (sekolah umum kan bukan islami gitu kaya sekolahnya dia sebelumnya), udahlah ketemu sama kita, beginilah hasilnya, makin gaul, ya semoga saja gaulnya tetap di jalan yang lurus, apalagi kuliahnya di Bandung kan, beuh siapa yang engga tahu gimana Mojang-Jajaka Bandung kalau bergaul, wkwk Mari kita doakan ya man-teman~

Laras Widyaningtiyas
Wanita yang satu ini sepertinya sangat terinspirasi oleh buapaknya, kenapa? Bapaknya guru fisika, nah ini bocah ambil jurusan Fisika juga coy~ di Universitas Negeri Jakarta. Kelahiran 4 April 1993 ini tinggal di sebuah tempat di Kota Bekasi yang pualiiiing TOP Terkenal. Yak! Daerah Bantar Gebang. haha kalau urusan pacaran, engga tahu kenapa suka banget nebar keromantisan dia sama cowoknya, simpan pribadi sajalah, jangan sering-seringlah saranku, kasihan yang masih single dan berharap wkwk

Fakhry Ramadhany
Engga kuat mau deskripsiin manusia ajaib ini, lahir 17 Maret 1993 ini CERDAS. Jarang belajar, tapi Allahuakbar~ dia selalu bisa loh! Dia anak bungsu dari 3 bersaudara, 2 kakaknya adalah perempuan, kasihan ya.. Untung dia bisa berkelit dari dunia perempuan yang menyelimuti hidupnya, wkwk Sedikit cerita kehidupan Fakhry dari sisi aku, dia ini kayanya udah paham benar tentang masa depannya mau seperti apa dan bagaimana caranya. Setelah lulus SMA, Fakhry ini diterima di salah satu Universitas negeri terbaik di Indonesia yang berlokasi di Semarang. Yak, Universitas Diponegoro jurusan Teknik Mesin. Gimana? Udah ada yang jatuh cinta sama Fakhry dari cerita singkatku ini? | Aku lanjutin dulu deh, biar mbak-mbak yang baca makin klepek-klepek sama dia. Tapi entah memang Allah sangat baik banget sama dia, dia di beri kesempatan untuk mengikuti serangkaian test STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), dan LULUS!!! LUAR BIASA!!! HIDUP FAKHRY!!! Hahaha sekarang sudah lulus sejak tahun lalu, udah kerja nih ceritanya. Oh iya lupa, dia di bagian Bea Cukai kalau bahasa inggrisnya Customs and Excise (Hasil kepo ke facebook doi) wkwk Nah, diantara kami ber-8, satu-satunya yang sudah terlihat bermasa depan sangat cemerlang, ya dia ini.. Saat kami berkumpul kemarin, dia sudah berhasil memberi kami makanan buka puasa di Pizza Hut dengan dengan segala jenis Pizza dan Pasta. Saat ini Fakhry ditugaskan di Tanjung Perak, Surabaya. Kata Fakhry, kalau kalian suka suasana yang kota banget tetapi engga mau macet kaya Jakarta, mending ke Surabaya. Hmm, aku sih belum pernah kesana, jadi belum bisa meng-iyakan opini dia. Ya Allah~ berkahilah hidupnya Fakhry Ya Allah, terima kasih~ (moon grin) ITU DARI KARIR. Kepribadiannya gimana, Gal? | Nih! Fakhry ini sejenis Faiz JAGO GAMBAR beda di genre-nya aja, Fakhry lebih ke sketsa, kalau urusan menggambar wajah seseorang, huuuuuu MIRIP BANGET seperti yang asli. hiks~ engga paham lagi sama manusia-manusia yang bagus keterampilan gambarnya. Sekali lagi, Nak! Jika membaca tulisan mama yang ini, ayo buat mama bangga dengan hasil karya goresan tanganmu, mama mohon. Fakhry ini juga jago main gitar, eh iya Fakhry ini wawasannya luas loh~ Ya, dibanding kami yang katro inilah, Fakhry sama Faiz sih yang suka update. Eh, tapi mereka semua kalah gaul ah dari aku, wkwk MEREKA ENGGA TAHU DWP!!! PAYAH!!! (bukan sesuatu yang harusnya dibanggakan,Gal) -__-

Tiara Nurul Pratiwi
Salah satu 10 siswa terbaik (Read : Cewek Pintar) saat SMA, lahir 4 Juni 1993 sering banget sehati sama aku. Neng Tiara ini belajar Manajemen di Universitas Negeri Jakarta, sudah mulai menjadi anak gaul Jakarta. Hahaha dia ini perawakannya kecil tapi cantiiikk cekaleee (mulai alay), banyak yang naksir loh~ tapi hatinya tetap dijaga untuk seseorang yang tepat, etjiee~ Haseekkk. Sudah menggeluti dunia usaha sejak di bangku kuliah nih, Juragan Baju Online Shop, silakan cek @cottoncandyshop_ Setelah ini banyak nih yang order ke Tiara kayanya, wkwk Ya Allah~ berkahilah juga Tiara supaya sukses usahanya dan bisa lebih sukses lagi dengan seluruh jalan rezeki-Mu untuknya. Amiiin~ Semoga jodohnya juga disegerakan ya Ra!!!

Hadiyanto Prayukti Alif
Mahasiswa Universitas Diponegoro ini lahir 16 Juli 1993 sedang berjuang keras lulus dari Teknik Kimia-nya, saat ini lagi PL katanya di Pupuk Kujang, beuh~ berat coy, hidupnya dipenuhi rangkaian-rangkaian molekul. Biasa dipanggil Entong, haha kalau ketemu Dara keluar juga nih autisnya, kalau cerita tentang sesuatu yang unpredictable contohnya saat bertemu kemarin tiba-tiba kasih info di Semarang bakal ada Bandara di atas laut, GILA!!! Informasi yang belum pernah aku dengar sebelumnya, emang deh setiap ketemu anak-anak ini suka nambah memori di otak, makin cerdas kayanya aku. Hulalala~ Nah, Entong ini rumahnya di Rawalumbu Jembatan 13, dia temannya temanku yang lain, Muhammad Reza Alfarabi 

Fathima Asyahidatu Zahra
Fathima sama Faiz ini namanya agak berat yah, haha wanita yang bertempat tinggal di Rawalumbu Jembatan 9 ini lahir 1 Januari 1994. Tahun baru coy~ Maminya harus melahirkan dia disaat harusnya si Mami bisa leha-leha makan jagung bakar sama sang suami tercinta. FYI, Fathima ini anak pertama dari 4 bersaudara, jadi ya walau tahun baruannya terganggu, kayanya si Mami tetap bahagia deh, yaiyalah! 9 bulan 10 hari ditungguin akhirnya keluar juga. Mahasiswi Teknik Lingkungan Universitas Indonesia ini sejenis Tiara nih, berperawak kecil. Nah, fathima ini juga wanita cerdas, setipe kaya Tiaralah. Kak Galih, kok foto diatas, foto Fathima yang paling beda? | Itu semua foto diambil saat kita berbuka bersama 26 Juli 2014 dan Fathima posisinya masih di Surabaya, dia sedang PL gitu disana. Hiks, jadi nyuri foto deh di Facebooknya

Itu deskripsi sekilas tentang personil Bocah, jadi hampir 2 tahun kami tidak bertemu karena kesibukan kami yang berbeda-beda jadwal hidupnya :p AKHIRNYA KEMARIN KETEMU!!! Walau tanpa Fathima, tetap kami berhubungan dengan Fathima di Line. Jadi awalnya kami berbuka puasa di Pizza Hut (dibayarin Fakhry loh!) terus niatnya mau foto studio gitu, HEH MAHAL engga jadi deh, masa 10 kali foto Rp 270.000 yaahhh engga sangguplah. Tapi kami butuh tempat ngobrol yang cozy gitu, diputuskanlah ke J.CO heeee malah tempat duduknya agak kotor, yah pelajaran dari sini AYO DONG BAWA SAMPAH KALIAN SENDIRI SAMPAI BERTEMU TEMPAT SAMPAH KEMUDIAN BUANG DISANA jangan ninggalin sampah kalian sembarangan, apalagi di tempat umum, kan kasihan orang lain. Hehehe intinya kita bertemu kangen dengan banyak obrolan sampai jam setengah 22.25 WIB. Semoga bisa bertemu lain waktu lagi ya! Segeralah, jangan sampai menunggu buka puasa berikutnya. hehehe

BOCAH BAHAGIA

Jumat, 25 Juli 2014

SETELAH LULUS

Master atau kerja?
Pertanyaan yang bingung untuk aku menjawabnya. Saat semester 4 orangtuaku kukuh menyuruh aku lanjut master (jalur fast track) terlebih dahulu kemudian kerja, kenapa? Alasan klasik, "mumpung kamu masih muda". Awalnya, aku terlena, yes! S2~ tapi beberapa saat kemudian aku menimbang-nimbang plus-minus jika aku langsung ambil master, intinya aku berpendapat "jika aku langsung ambil master, saat aku lulus master aku akan bersaing dengan banyak orang yang sudah punya pengalaman kerja walaupun sainganku sarjana, dan biasanya manusia yang diterima ya manusia yang sudah punya pengalaman kerja". Lalu, apa keputusanku? Aku menolak dan aku bilang aku mau kerja terlebih dahulu kemudian aku akan mengambil master untuk menunjang karirku. Orangtuaku setuju nih. Alhamdulillah.

Semakin kesini (saat ini semester 7) aku jadi kepingin ambil master akhir tahun depan ( september 2015). Sambil menunggu, InsyaAllah bisa kerja dulu, at least i do internship. Untuk mendapat gelar sarjana itu belum jelas kapan lulusnya, tidak seperti SD, SMP, SMA. Nah, untuk aku bisa apply master program aku wajib lulus dulu nih, tapi aku ingin sekali ambil master di luar negeri. Kenapa? | Aku mau cari suasana belajar yang baru, yang beda dari yang biasa aku terima di Indonesia. Duitnya darimana, Gal? Orangtua kan sudah pensiun. | Beasiswa. | Caranya? | Berikut rencana masa depanku yang aku siapkan mulai hari ini :

1. Beasiswa LPDP dari Departemen Keuangan Republik Indonesia
   Dibuka 4 kali dalam setahun : Maret , Juni, September, Desember
   Buka link ini untuk informasi lebih lanjut.
   Untuk mencapai target mulai perkuliahan September 2015. Aku harus terima SKL Februari 2015 kemudian daftar LPDP pada bulan Maret. Kalaupun pahitnya aku terima SKL lewat bulan Februari 2015, artinya aku akan masuk perkuliahan Januari 2016 dan mendaftar LPDP pada bulan Juni. Sembari menunggu applications and admission process, aku akan bekerja dulu. 
   Disini dilema muncul, aku ini jika bekerja, ingin sekali masuk ke program management trainee di perusahaan yang aku apply kelak. Biasanya management trainee ini ada kontraknya, minimal 2 tahun kerja tergantung perusahannya. Sedangkan jika aku bisa masuk management trainee di sebuah perusahaan dan memiliki kontrak, terus jarak aku menunggu diterima atau engganya di universitas kan engga sampai 2 tahun, kena penalty dong. Yeeuuuuh duit lagi duit lagi.

2. Tujuan negara, Universitas, dan Jurusan
   Untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini ada beberapa universitas yang terdaftar, maksudnya kuliahnya haruslah di universitas yang telah ditunjuk oleh LPDP. Yaahhh engga asik dong, Gal | Heh, jangan salah. Justru universitas yang ditunjuk oleh LPDP ini universitas-universitas terbaik di dunia loh, sanggup engga? | Insya Allah SANGGUP! Niat makanya!  Berikut link daftar universitas yang disyaratkan untuk mendapatkan beasiswa LPDP.
   Kalian pilih nih, mau di dalam negeri atau luar negeri. Kalau pilihan kalian seperti aku (aku pilih luar negeri) pilih deh negara tujuan sesuai minat kalian, kalau aku pilih Belanda, Australia, dan Inggris. Terus kalian lihat di list universitas yang ada di LPDP. Cari informasi tentang program master yang tersedia di universitas tersebut, jika kalian menemukan yang srek. Buat daftar pribadi, cari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk admissionnya sesuai yang diminta program tersebut. Siapkan kiranya jika bisa disiapkan mulai saat ini, kalau trasnkrip nilai kan nunggu lulus dulu coy~ haha at least siapin dulu bahasa inggris kalian buktikan dengan serifikat berstandar internasional (ets biasanya) biar bisa diterima secara internasional gitu. Satu lagi, mohon banget GPA min. 3.25 (4.0 Scale), walau masih bisa sih 3,00 namun buat persaingan ya kalau bisa jangan pas-pasan bangetlah, yuk usaha yuk!
   Saat pendaftaran dibuka, daftar deh tuh ke universitas tujuan dengan jurusan yang diminati. Nah, sembari juga daftar beasiswa LPDPnya, kalau beasiswa sudah didapat, kemudian juga sudah dapat Letter of Acceptance (LOA) dari universitas yang dituju. Siiiip~ tingga cuss ke negara tujuan. Cari ilmu disana yah, tapi janji kalian kepada LPDP adalah HARUS KEMBALI KE INDONESIA, BANGUN INDONESIA, JANGAN KERJA DI LUAR NEGERI, JANGAN BANGUN NEGERI ORANG, CUKUPKAN SAJA KITA CURI ILMU DARI NEGERI ORANG.

Sekian dulu, sharingku kali ini. Ayo, berdoa~ doa supaya aku bisa lulus sesuai target, diterima beasiswa LPDP juga diterima di universitas tujuanku. Amiiiin. Oh iya, masalah pekerjaan aku belum fokus nih, mau bekerja di bidang apa. Lagi masa pencarian.

Selasa, 22 Juli 2014

The 21st Birthday Project

Usiaku tahun ini sudah tidak muda lagi. Aku ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak atau sekedar memberikan sedikit nilai untuk segelintir orang. Banyak banget hal-hal yang akan aku lakukan untuk mensyukuri usia yang Allah masih berikan untukku, mulai dari yang paling egois untuk diri sendiri sampai paling engga egoislah, diantaranya :

1. Jalan-jalan ke luar kota SENDIRIAN 4D3N
   Loh emang bisa? Engga kuliah, Gal? | hehe InsyaAllah aku kuliah semester 7 HANYA hari Senin dan Rabu. Berikut beberapa pilihan kota kunjunganku :
  - Semarang
    Kota yang engga ada tempat wisata yang menarik buat aku namun, aku memiliki seseorang yang sangat ingin aku temui di kota ini. Tapi, kalaupun aku datang ke kota ini sepertinya aku tidak akan bilang ke dia. haha kalau jodoh ya bertemu saja tanpa direncanakan. wkwk Engga mau bilang sama si dia kok ngepost di blog, Gal? Nanti dia tahu loh! | Masa iya dia mau baca blog, buka socmed sederhana macam twitter saja tidak minat. haha
   Kalau kota ini jadi pilihanku, aku akan menghubungi Ahmad Khudhoibi atau udoy, teman SMA-ku. Dia jurusan Teknik Mesin di UNDIP. Aku mau jalan-jalan sama udoy saja ah, semoga saja pacarnya memahami aku yang sedang patah hati. Oh iya, sepertinya aku hanya akan ke kota ini jika aku patah hati. Aku cuma mau sekedar ingin tahu suasananya kota yang terkenal panas ini. Kok jika patah hati, Gal? | Alasannya cuma aku yang tahu bersama Allah :)
   - Jogjakarta
     Kalau pilihan kota kunjunganku jatuh ke Jogja, aku mau menemui Sandy Radhistyo Ramadhan. Dia anak UGM, jurusan apa ya, lupa. Maaf ya san~ haha Sandy ini teman SMA-ku, jadi ceritanya aku Sandy dan Udoy adalah satu kelompok bermain saat SMA gitu loh! Sebenarnya aku engga tahu mau melakukan apa di sini, tapi jelasnya setiap aku mengunjungi sebuah kota, aku harus berwisata kuliner. Mungkin yang aku lakukan muter-muter Jogja makan sana-sini. haha
   - Malang
     Kota yang wajib rasanya aku kunjungi tahun 2014 ini, niat utamanya sih mau ke Museum Angkut, ya kalau ada rezeki lebih mau banget ke Bromo. Tapi jika ke Malang sepertinya lebih seru beramaian deh. Mungkin lain waktu saja, akan kuajak beberapa temanku.

2. Naik Gunung MANAPUN
   Rencana ingin sekali naik gunung ketika awal tahun 2014 aku pertama kali nonton film 5cm di laptop temanku. Entah kenapa, aku agak alay setelah itu mencari-cari teman-temanku yang gemar naik gunung, dan jika mereka berniat naik gunung, plis bangetlah ajak aku. haha 
    Sampai akhirnya, ada sedikit obrolan sama cowok-cowok manajemen IPB 2011 setelah lebaran nanti saat kembali ke Garut, akan ada temanku yang iseng akan naik Gunung Papandayan. Kalau beneran jadi nih, serius banget aku mau~ huhuhu
     Hal ini ingin aku lakukan di usiaku yang hampir ke-21 ini, rasanya aku benar-benar ingin mengenal dunia lebih luas dari yang bisa aku kenal saat ini. Aku mau menuliskan sejarah kehidupanku, yang kelak akan dibaca putra-putriku, juga cucu-cucuku. Bahwasanya, mamanya atau neneknya itu keren banget! haha 

3. Mencari Galih yang lain
   Nah loh, maksudnya? Iya jadi begini, aku mau tahu manusia yang baru lahir ke dunia persis di tanggal lahir aku, 21 September. Aku terisnpirasi oleh Delmar, ketua BEM FATETA yang entah darimana aku bisa kenal dia tanpa dia mengenal aku. hahaha bingung ya? Delmar itu penulis blog juga, kami tidak pernah bertemu sebelumnya, setelah membaca beberapa tulisannya, entah kenapa aku jatuh cinta dengan tulisannya, dewasa sekali coy~ dari situlah aku sok-sokan kenal kepribadiannya Delmar :p
   Awalnya aku ingin mencari 21 bayi kemudian aku beri kado kelahiran bayi tersebut. Namun, setelah aku pikir baik-baik, apa engga kebanyakan ya? 21 bayi? nyari dimana? muter-muter rumah sakit dong~ ah, mager juga jadi seadanya saja. Aku memutuskan ke rumah sakit yang pernah Delmar lakukan, di RSIA Hermina Bogor. Lagipula, aku punya member pasien disana, jadi InsyaAllah pihak rumah sakit mau memberikan aku kesempatan untuk bertemu "Galih" yang lain kemudian berkenalan dengan keluarganya yang mungkin saja inilah yang orangtuaku rasakan saat aku lahir di dunia, hhe juga bayinya pastinya tidak lupa memberikan kado kelahiran. Ah, foto bersama! haha
   Langkah pertama, aku akan ke RSIA Hermina Bogor pada tanggal 20 September, dan menanyakan ke pihak rumah sakit data bayi yang akan lahir caesar maupun normal esok hari atau tanggal 21 September. Jika sudah didapat informasinya dan ternyata ada bayi yang akan lahir tanggal segitu, aku akan kesana lagi esok harinya. Jika kenyataannya tidak ada bayi yang lahir tanggal 21 September, maka aku akan mencari rumah sakit lain untuk menemukan "Galih" yang lain.

4. Donor darah ramean
    Mengumpulkan banyak teman untuk aku ajak ke PMI buat donor darah. hehe Bagaimana? sangat berguna bukan untuk banyak orang? Ya, walau cuma 2-3 orang lumayan kan. Namanya juga berbagi yang kita punya ya sebisanya. :)

Nah, itu semua adalah keinginanku untuk aku lakukan di bulan September ceria tahun ini. Untuk naik gunung kalau jadi sih Agustus :p 
Untuk opsi nomor 1 entah jadi atau tidak aku lakukan, tergantung kondisi. Opsi nomor 3 dan 4 InsyaAllah akan terlaksana sesuai rencana, semoga Allah memudahkan niatku untuk bisa bertemu dengan "Galih" yang lain dan berbagi darahku agar berguna bagi yang membutuhkan. Mohon doanya dan supportnya ya teman-temanku, minimal AYO IKUT AKU KE PMI !!!

YOTMM & YOTShare 2014


Aku memasuki dunia baru sebagai Young On Top Campus Ambassador. Beberapa kewajibanku salah satunya hadir di Young On Top Monthly Meeting, toleransi ketidakhadiranku untuk tidak hadir sebanyak 3 kali. Shortcut to the story, awalnya aku berniat tidak hadir di YOTMM 1 dan YOTMM 2 karena kepentingan lain (KKP) di Garut. Tapi hati ini tidak tenang, "masak iya engga hadir YOTMM pertama, mana komitmen aku dulu?" So, i tried SO HARD to negotiate with my lecturer and my boss in SME. Panjang banget cerita disini sampai akhirnya aku bisa hadir di YOTMM pertama sekaligus mengikuti rangkaian acara YOTShare 2014 (19 Juli 2014) di Marquees Office Cyber 2 Kuningan, Jakarta. YEAY!

Aku berangkat dari Bogor janji bersama Adita bertemu di stasiun sekitar pukul 10.00. Entah masih mengingat-ingat omongan Mas Billy bahwa tiap YOTMM akan dipilih 2 CAs untuk share tentang suatu topik. Aku baru sadar aku belum membuat materi hari ini, di rundown disebutkan tema YOTMM kali ini adalah integritas dan komitmen. Sesampainya di stasiun, sambil menunggu Adita, aku mencari bahan presentasi di Google. Aku engga bawa laptop, jadi aku menelpon temanku Nadia Azka (ya, kalian pasti familiar dengan nama temanku yang satu ini), Azka masih berada di Garut dan dia bilang sedang tidak sibuk, lalu aku meminta bantuannya untuk membuatkan presentasi dalam bentuk pptx sesuai dengan poin materi yang aku berikan. DIA BERSEDIA. Alhamdulillah.. tidak lama kemudian masuk E-mail di smartphoneku, DARI AZKA. Yihiiii AMAN (pikirku). Terima kasih banyak banget atas kemurahan hatinya Azka ini :p

Kereta berangkat pukul 10.45 menuju Jakarta Kota, aku dan Adita berhenti di Stasiun Tebet sekitar pukul 11.55. YOTMM dibuka pukul 14.00 dan kami sampai pukul 12.40. Budayakan ON TIME!!! :)

14.00
YOTMM dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya (AKU BANGGA BANGET, INI NATIONAL ANTHEM TERBAIK DI DUNIA BUAT AKU, BERSEMANGAT GITU LOH!!! :p TERIMA KASIH PAK WAGE RUDOLF SUPRATMAN) dan rapat dipimpin oleh PIC Mentors, Mas Billy Boen. Diawali dengan cerita sejarah Young On Top dan awal mulanya program mentorship ini, dilanjutkan tentang integritas dan komitmen. MAN!!! Engga ada sesi sharing dari CA ke CAs, intinya BELUM ADA tuh namanya CAs dipilih acak buat jadi presenter.
Saat dibuka sesi tanya jawab, CAs antusias merespon dengan pertanyaan atau sebaliknya jika Mas Billy bertanya juga banyak CAs yang mencoba menjawab, karena Mas Billy dari awal selalu bilang "Kita disini sama-sama belajar, tidak ada satu jawabanpun yang salah, karena itu menurut kalian sendiri" jadi aku menjawab pertanyaan Mas Billy tentang integritas (kebetulan juga sudah membaca,kan tadi sudah persiapan jika jadi presenter :p) lumayanlah~ First Impression supaya dikenal semua teman CAs juga mentors :) 

15.30 
Break Sholat Ashar dan aku makan beberapa jajanan pasar yang aku beli di Stasiun Tebet, aku sedang libur puasanya :D

16.00
Sesi dimana setiap mentor memperkenalkan diri dan memaparkan ekspektasinya untuk YOTCA Batch 5
 - Taufan Akbari
   Dekan dan dosen di LSPR. Penulis buku Proud and Rise. Founder PERHUMAS.
 - Bunga Mega
   Penulis buku Cewe Quat. Founder CeweQuat Sisterhood.
 - Ricky Setiawan
   Ahli di bidang HR
 - Gunawan Santoso
   CEO IBM Indonesia
 - Eva Yuli Andari
   Dokter gigi muda. Lulusan YOTCA Batch 2. Best CA Batch 2.
 - Jonathan Christian Susanto
   Founder Inspirator Freak. Lulusan YOTCA Batch 1.
 - Henry Pardipta
   Menurut cerita sih teman masa kecilnya Mas Billy, namun aku masih belum mengenal Mas Didip, maaf mas, saya akan berkenalan dengan Mas Didip kedepannya.
 - Maya Arvini
   Author of Career First
 - Sirly Nasir
 PR di Kennedy Voice and Berliner. Chairwoman di Perhumas Muda. Comm Director @parlemen_muda. Lulusan YOTCA Batch 2.
 - Billy Boen
   Founder and CEO Young On Top. 
Itu beberapa mentors YOTCA Batch 5, dengar-dengar sih Mas Andy F. Noya akan bergabung juga, semoga YOTMM selanjutnya beliau bisa hadir :)

Ringkasan dari harapan-harapan mentors untuk YOTCA Batch 5 diantaranya, Don't take it for granted, Jangan sampai ada yang di DO, bentuk kepribadian lebih pantas untuk diterima, dan bangun jaringan juga jangan hanya menonton, berpartisipasilah agar kami merasakan "ini hidup".

16.50
YOTMM selesai pesan yang paling mengena "Akhiri apa yang kamu mulai" ENGGA BOLEH DROP OUT YOTCA YA GALIH!!! dan persiapan singkat menyambut adik panti asuhan Al-Qur'anniyah untuk selanjutnya acara YOTShare

17.00
YOTShare dimulai, dengan games untuk andik-adik panti asuhan, persembahan kakak-kakak CAs menyanyikan lagu Laskar Pelangi, persembahan adik-adik panti asuhan bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW, sambutan Kak Ricky yang bangga dengan adik-adik panti yang mengajarkan kami semua untuk tersenyum, diakhiri dengan kultum oleh bapak ustadz sebelum berbuka puasa.

17.50
Sekitar jam segitulah~ berbuka puasa dengan ta'jil. Sholat maghrib berjama'ah. Makanan berlimpah coy~ entah harus berkata apa, ada Kebab dan roti cane dari BABA RAFI, ada nutrisari dari Nutrifood, ada Donat dari .... , makanan beratnya Nasi dengan ayam goreng enaklah pokoknya, oh iya ta'jil apa ya aku engga makan itu sih jadi engga tahu isinya apa.

18.40
Penyerahan donasi dari YOT ke pengurus panti asuhan Al-Qur'anniyah. Acara selesai. Sisa makanan melimpah ya gimana lagi pasti jadi rebutan CAs hahaha

22.00
Sampai di Bogor. Kok engga balik Bekasi, Gal? | Karena engga ada yang anterin balik malam-malam, jadi engga berani pulang. Kalau ada yang anter sampai depan rumah, baru berani. Beginilah anak perempuan, bungsu lagi. Pffftt

LUAR BIASA BERSYUKUR