Pages

Jumat, 27 Juni 2014

SAYA JAKARTA SAYA

Selamat ulang tahun ke-487 Jakartaku!!!! Walaupun aku lahir dan tinggal di Bekasi namun Kota Jakarta sudah menjadi bagian dari hidupku dan keluargaku. Ayahku dan kakakku bekerja di kota ini. Kami sekeluarga juga sering menikmati sajian yang ditawarkan kota ini, tempat hiburan, tempat makan, dsb. 

Berawal dari kiriman temanku Nadia Azka, aku penasaran ada sebuah video persembahan dari Eugine Panji untuk Jakarta dengan judul Saya Jakarta Saya. Eugine adalah seorang sutradara film, iklan maupun video klip. Akupun penasaran dengan videonya, dan ternyata.. sangat dianjurkan untuk kalian lihat.

Selamat menikmati...

Dimulai sejak matahari terbit dengan secangkir kopi,
kota ini diburu-buru mimpi dan kejaran setoran
dijegal kemacetan pagi dan kenyataan fiksi lewat berita koran

Pencari nafkah berdansa bersesakan di sela kendaraan,
senyum merekah setiap kali lampu lalu lintas tak lagi merah
Ada candu fiktif yang ditebar oleh antrian para pekerja pada jalur alternatif.
Ada harapan yang terkumpul pada kaca gedung yang saling memantul

Siang jelang sore yang kepanasan, parkiran banjir kendaraan
Trotoar menghidupi pedagang dan mengikat kaki pejalan
Pemuda joki dan pak polisi duduk bersama tanpa gengsi

Kota ini selalu bersenandung, baik di hari kerja pun hari libur,
lewat alunan musik dari suara kendaraan, penjaja, dan mereka yang tertidur

Ironis, pencari nafkah terlena mistis senandung denting mesin penghasil koin
lalu bercumbu dengan keluh lewat dunia maya tentang kota yang penuh

Malam, kota ini pintar dalam menyembunyikan matahari dan sisi kelam
mempercepat waktu lewat pesatnya pembangunan mall bertingkat
racun metropolitan berupa cinta tanpa batas meski terpenjara lalu lintas
di banyak sudut peluh dan belantara keluh
kita rindu kota ini tanpa rasa malu dan jenuh

di banyak makian dan daftar keinginan
kita rindu kota ini atas nama cinta dan keterikatan
Jakarta, kota kejam kesayangan.

0 komentar:

Posting Komentar