Pages

Jumat, 19 September 2014

HOW TO DO AN INTERVIEW ON SKYPE


Apakah kalian sedang mempersiapkan diri untuk wawancara pekerjaan atau pertukaran pelajar via Skype? Aku akan berbagi pengalamanku wawancara via Skype untuk menjawab semua pertanyaan kalian dan menghilangkan keraguan yang mungkin kalian miliki seputar wawancara. Aku akan berusaha menceritakan segala sesuatu yang perlu kalian ketahui berdasarkan pengalamanku - dari menghindari masalah teknis untuk mempersiapkannya sehingga kalian dapat memberikan yang terbaik selama wawancara.

DASAR
Hal-hal dasar yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan wawancara via Skype :
1. Timezone
                Jika kalian akan diwawancarai oleh orang yang berbeda daerah pembagian waktu, kalian harus memperhatikan waktu. Jangan sampai kalian melewatkan waktu jadwal wawancara hanya karena kalian tidak memahami perbedaan daerah waktu.
2.  Identitas
                Perhatikan Identity Skype kalian yah, jangan sampai muncul ID sexyboy321 sangat tidak profesional, ubah jadi lebih baik ya gunakan nama kalian, misal namaku Galih Tristianni, ID yang baik galihtristianni (that's not my real SKYPE ID if you want to know, contact me!) J
3. Webcam
                Perhatikan posisi webcamnya ya, jadi posisinya jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat dengan diri kamu, buat posisi yang sekiranya lawan kamu nyaman melihatnya.
4. Lokasi
                Sebelum kamu memulai kegiatan ini, perhatikan juga sekeliling tempat kamu akan melakukan video interview, jangan sampai ada barang yang berantakan atau ada asbak dengan putung rokok yang masih menyala. Hal-hal yang tidak sepantasnya ditunjukkan, janganlah sampai terlihat, dapat berpengaruh terhadap penilaian diri kamu loh.

TEKNIK
1. Sound check
                Biasanya di Skype itu ada tombol untuk kita test suara kita terdengar dengan jelas atau tidak oleh lawan. Gunakan ini untu mengetahui kualitas suara kamu jernih terdengar oleh lawan atau tidak, karena dalam menjawab pertanyaan lawan harus jelas, jika samar-samar akan menganggu kalian dan bisa jadi lawan kita hilang mood buat wawancara kita.
2. Call a Friend
                Agar lebih pasti, mengenai teknis dalam melakukan interview via Skype, alangkah lebih baik mencoba menghubungi teman kalian untuk melakukan tes sederhana.
3. Gunakan Headset
                Butuh dilakukan karena menurutku jika tanpa Headset suara yang keluar jadi pecah kurang jelas karena suaranya bercampur dengan suara yang ada di sekeliling kita. Sedangkan jika kita menggunakan Headset suara akan jelas tertuju langsung melalui telinga kita.
4. Presentasi
                Kamu harus tentukan posisi seperti apa yang baik untuk kamu wawancara, duduk atau berdiri. Perhatikan pakaian kalian juga, rapi dan sopan diperlukan sekali. Satu lagi, gambar profil kalian yang rapi juga, jangan senonok. Usahakan jangan gerogi, karena ini berpengaruh terhadap suara kalian yang keluar. Persiapkan mainimal satu jam sebelum kalian wawancara agar semua menjadi siap.

Oke, cukup sekian dulu yang bisa aku share ke kalian perihal wawancara via Skype. Semoga bermanfaat. J

0 komentar:

Posting Komentar