Pages

Jumat, 19 September 2014

MEMULAI HIDUP SEHAT : LARI


Sebulan ini aku selalu berniat menyempatkan waktu untuk olahraga. Dimulai dari berenang, karena aku tidak punya private swimming pool  jadi aku pergi ke sebuah kolam renang untuk umum, bayar sekian rupiah untuk berenang sesukanya. Kebetulan di tempat aku berenang itu, ada fasilitas gym-nya aku bertanya-tanya jika aku ikut program membershipnya berapa biaya yang harus aku keluarkan, ya ternyata lumayanlah rupiah yang harus aku keluarkan untuk itu.

Suatu hari banyak teman-temanku yang mengajakku mengikuti  acara lari atau lari saja sekedar untuk mengolah raga kita. Aku mulai berpikir untuk melakukan hal ini minimal satu minggu sekali, setiap hari sabtu pagi di GOR IPB, engga kalah sama GOR Bekasi kok hehe

Dimulai 13 September 2014 aku janjian dengan temanku untuk bertemu di GOR IPB pukul 6.00 namun ternyata itu sudah terlalu terang, dan aku hanya sanggup berlari 4 putaran dengan ngos-ngosan dan suka berhenti-henti kemudian jalan kaki. Semalam sebelumnya aku jarkom ke seluruh temanku seangkatan (jumlahnya 125 orang) untuk ikut aku lari (biar engga sepi-sepi amat gitu), tapi susah banget ngajak orang mau bangun pagi kemudian jalan ke kampus untuk berolahraga. Sesampainya di GOR, memang hanya aku berdua dengan temanku juga bertemu dengan kakak angkatan kami yang ternyata dia setiap hari lari.

Pertemuan selanjutnya aku dengan kakak angkatanku, dia mengajakku dan teman-teman lari bersama dia. Akhirnya 16 September 2014, kami janjian bertemu di GOR IPB jam 4 sore untuk lari. Saat itu, yang ikut ada 5 orang termasuk kakak angkatanku ini, dari sinilah aku pertama kalinya tahu tips lari yang buat aku engga capek, nih beberapa tips sederhananya :

1. Pemanasan
                Sebelum melakukan olahraga baiknya melakukan pemanasan tubuh, agar tubuh kita tidak merasa kaget. Urutannya dari kepala, tangan kemudian kaki, hal ini harus berurutan jangan berantakan.
2. Jalan kecil
                Setelah melakukan pemanasan, jangan langsung lari. Jalan kaki dulu sekiranya 50 meter kemudian lari dengan tempo secukupnya, jangan terlalu buru-buru, ingat! Ini bukan kompetisi.
3. Lari
                Saat kalian lari, kakak angkatanku mengatakan “jangan nunduk kepalanya!” nanti cepat capek katanya. Kepala menghadap ke depan dengan napas beraturan dari hidung, jika dari mulut katanya juga akan capek. Tips dari kakak angkatanku ini juga, tarik nafas 3 langkah, buang nafas 2 langkah. Haha jika kalian bingung, intinya tarik nafasnya sampai full kemudian buang nafasnya juga sampai full. Lari dengan konstan yah, coba jangan sampai berhenti sampai kalian benar-benar merasa cukup.
4. Jalan kecil
                Jika kalian sudah merasa tidak mampu melanjutkan larinya, jangan langsung berhenti terus duduk. Jalan kaki dulu satu putaran sekitar 400 meter, agar kaki kalian engga kaget.
5. Pendinginan
                Lakukan saja gerakan-gerakan yang melemaskan kaki dan tangan kalian seperti yang kalian lakukan saat kalian SD kan ada tuh senam SKJ, engga jauh-jauh kok pendinginannya kaya gitu.

Nah, untuk pemula aku lebih memilih lari sebagai alternatif olahraga yang murah dan sehat. Jika aku sedang dirumahku di Bekasi sih aku lebih suka naik sepeda keliling komplek rumahku sama komplek tetangga, kan jaraknya lumayan tuh, itu juga bisa jadi pilihan untuk kalian memulai hidup sehat. J

0 komentar:

Posting Komentar